Beranda / Profil Desa / Demografi Penduduk
Demografi Penduduk

Kondisi Demografis dan Monografis Desa Giriroto

Perkembangan Kabupaten Boyolali dalam lima tahun terakhir telah menunjukkan perubahan yang signifikan dan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat Boyolali. Keberadaannya saat ini tentunya membuat bangga bagi seluruh warga Boyolali, sehingga tidak merasa malu jika ditanya asal atau domisili oleh orang lain.

Desa Giriroto memiliki luas wilayah 286.5560 Ha. Desa Giriroto memiliki batas wilayah di sebelah utara dengan Desa Jeron Nogosari, Sebelah Selatan dengan Desa Kismoyoso Kecamatan Ngemplak, Desa Manggung Kecamatan Ngemplak di sebelah barat, Sebelah Timur dengan Desa Selokaton Kabupaten Karanganyar. Desa Giriroto terdolong datar dengan kemiringan 2-15% dengan ketinggian 125 meter diatas permukaan laut.

Desa Giriroto dibagi menjadi tiga wilayah yang terdiri dari dua puluh empat RT. Adapaun pembagian sebagai berikut:

Kepala Dusun I : Dukuh Gumuk, Dukuh Samporan, Dukuh Tegalrejo

Kepala Dusun II : Dukuh Giriroto, Dukuh Borongan dan Dukuh Celengan

Kepala Dusun III: Dukuh Gunungwijil, Dukuh Gumukrejo, Dukuh Klelesan, Dukuh Gunungan

Klimatologi

Desa Giriroto tergolong desa dengan karakteristik lembab dengan curah hujan 2369 mm/tahun dan jumlah kering 6 bulan.

Hidrologi

Desa Giriroto terbagi menjadi dua yakni air permukaan berupa sungai dan air tanah.

Pola Penggunaan Tanah

Pola penggunaan tanah Desa Giriroto sebagian besar diperuntukkan untuk tanag pertanian lahan kering, persawahan baik tadah hujan maupun tegalan serta pemukiman dan pertokoan usaha mikro. Desa Giriroto memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan wisata alam outbound dan wisata situs purbakala.

Kondisi Penduduk

Desa Giriroto merupakan desa pertanian, peternakan dan home industry. Dalam bentuk tabel berikut jumlah mata pencaharian penduduk Desa Giriroto :

No

Mata Pencaharian

Jumlah

1

Petani

3832

2

Buruh Tani

716

3

Pedagang

39

4

Pengrajin

3

5

PNS/POLRI/TNI

17

6

Karyawan Swasta

720

7

Tukang Kayu/Tukang Batu

148


Jenis Tanah

Desa Giriroto memiliki jenis tanah Aluvial yang cukup sesuai dengan kegiatan pertanian namun cukup labil sehingga banyak jalan Desa Giriroto yang cepat rusak.

Kondisi Lingkungan

Desa Giriroto memiliki karaktersitik lingkungan berupa dataran rendah dengan lingkungan kering. Karakter ini sesuai dengan pengembangan:

Tanah Kering: Sangat cocok untuk pengembangan pemukiman perumahan dan tata pertanian tanaman pangan lahan kering khususnya palawija.

Tanah Hitam: Tanah Hitam pekat dan labil